windows-lite

Microsoft sedang mengembangkan Windows Lite untuk perangkat dual layar dan perangkat ringan

March 6, 2019 Posted by admin - No Comments

Microsoft sedang menyiapkan versi terbaru Windowsnya yang lebih ringan dan diperunjukan untuk perangkat dengan dua layar dan perangkat ringan seperti Chromebook. Sumber yang dekat dengan Microsoft menyatakan bahwa para pengembang versi baru ini meminimaliskan user interface dan dioptimalkan untuk penggunaan pada layar ganda.

 

Untuk saat ini Microsoft mungkin menargetkan produk barunya untuk perangkat-perangkat berlayar ganda, tapi rencana jangka panjangnya Microsoft ingin Windows Lite ini menjadi pesaing setara ChromeOS dan Chromebook milik Google. Microsoft sebelumnya sudah pernah berusaha membuat OS versi ringan dengan mengadakan fitur S Mode pada WIndows 10 mereka, yang membatasi penggunaan aplikasi melalui Windows Store saja, tapi interface lama pada WIndows masih dapat diakses. Sekarang, Microsoft bertujuan untuk membuat produk yang jauh lebih simpel dengan WIndows Lite dan dari basis itu mulai membangun fitur-fitur yang lebih kompleks sejalannya waktu.

 

Tidak jelas kapan pastinya Microsoft akan merelease Windows Lite atau apapun nama resminya nanti. Para pengembang telah dan masih bereksperimen dengan ide-ide ini selama bertahun-tahun, sementara ChromeOS lambat laun naik popularitasnya di sekolah-sekolah di seluruh penjuru Amerika Serikat. Microsoft rencananya akan mengadakan konferensi Build di Seattle pada awal May, waktu yang ideal untuk mengumumkan sebagian strategi dari Windows Lite, terutama jika Microsoft mengharapkan para pengembang pihak ketiga mulai bereksperimen dan mengembangkan aplikasi native dan aplikasi web untuk perangkat berlayar ganda dan perangkat-perangkat seperti Chromebook untuk WIndows Lite.