Image-1-930x523

Microsoft 365 Memberdayakan Pengembang untuk Menciptakan Aplikasi Pintar Sebagaimana Dunia Berjalan

Juli 23, 2018 Posted by admin - Tidak ada Komentar

Oleh Joe Belfiore, CVP Windows

Pada konferensi tahunan Build tanggal 7 Mei 2018 lalu, Satya dan Scott berbicara tentang visi dan strategi dalam merasionalkan platform Microsoft menjadi sebuah Intelligent Cloud dan Intelligent Edge, yang didukung oleh kecerdasan buatan (AI) dan realitas campuran (mixed reality) dan dirancang untuk lanskap komputasi modern. Kami juga akan membagikan kepada Anda, komunitas pengembang kami, peluang-peluang unik dengan Microsoft 365 dalam dunia multi-sense dan multi perangkat ini.

Selama bertahun-tahun kami di Build telah membicarakan tentang peluang besar dengan Windows dan Office sebagai platform pengembang. Nyatanya, hari ini kami memiliki 135 juta pengguna komersil aktif Office 365 secara bulanan, dan hampir sebanyak 700 juta perangkat yang terkoneksi dengan Windows 10.

Namun, misi Microsoft secara mendasar bergantung pada bagaimana kami BERSAMA-SAMA dapat memanfaatkan kekuatan Windows dan Office dalam platform Microsoft 365.

Microsoft 365 menyatukan Office 365, Windows 10, dan Enterprise Mobility + Security (EMS) sebagai solusi lengkap, cerdas, dan aman untuk memberdayakan karyawan.

Jika seandainya Anda belum tahu, Microsoft 365 menghadirkan Office 365, Windows 10, dan Enterprise Mobility + Security (EMS) secara bersamaan sebagai solusi komplit, pintar, dan aman untuk memberdayakan para pekerja. Sebagai platform produktivitas terbesar di dunia, hal ini sangat penting bagi intelligent edge,yang memampukan setiap pekerja untuk menciptakan pengalaman yang menguntungkan, dan bekerja dengan baik di berbagai jenis perangkat dan dibanyak ‘indera’ komputasi termasuk pengelihatan dan suara.

Hari ini, banyak di antara Anda akan menganggap diri Anda sebagai pengembang Windows atau Office. Atau pengembang web yang menargetkan para pengguna Windows dan Office. Atau bahkan pengembang seluler yang bertanya bagaimana menyatukan sebuah perangkat seluler dengan perangkat lainnya. Ketika Anda keluar dari Build 2018 minggu ini, kami berharap Anda menganggap diri Anda sebagai pengembang Microsoft 365.

Pengalaman Microsoft 365 Terbaru yang Memberdayakan Pelanggan untuk Meraih Lebih

Minggu ini kami akan memperkenalkan seperangkat fitur dan updates untuk berbagai perangkat dan platform dan penggabungan lingkungan web dan aplikasi yang lebih baik untuk pengguna akhir dan pengembang. Pada Build tahun lalu, Anda mendengarkan kami berbicara tentang komitmen kami untuk bertemu dengan pelanggan dimana mereka berada, di berbagai platform. Kami memperluas upaya ini untuk tidak hanya menghadirkan layanan Microsoft 365 lebih lagi ke berbagai platform dan aplikasi, tetapi juga untuk koneksi yang lebih baik dari komputer pelanggan dengan ponsel mereka, membantu meningkatkan engagement untuk para developer. Pengumuman ini termasuk:

  • Fitur ‘Your Phone’ experience terbaru yang menghadirkan jendela ke ponsel pengguna secara langsung dari komputer personal untuk akses instan ke pesan teks, foto, dan notifikasi. Bayangkan Anda bisa secara langsung menarik dan menempatkan foto dari ponsel Anda ke dokumen yang ada di komputer Anda dengan satu gerakan cepat, tanpa perlu mengeluarkan ponsel dari saku. Fitur ‘Your Phone’ akan segera hadir di Windows Insider Program.

Image showing a laptop and a mobile device, connected via Windows 10.

Cara baru untuk menghubungkan ponsel Anda ke PC dengan Windows 10 yang memungkinkan akses cepat ke teks pesan, foto, dan pemberitahuan.

  • Pembaharuan aplikasi Microsoft Launcher terbaru untuk Android yang akan membantu pelanggan mendapatkan akses mudah ke berbagai aplikasi bisnis melalui Microsoft Intune. Microsoft Launcher untuk Android juga akan mendukung Timeline untuk penggunaan aplikasi pada perangkat yang berbeda (cross-device). Hari Ini, browsing session di Microsoft Edge pada iPhone atau iPad Anda akan dimasukkan ke fitur Timeline pada komputer Windows 10 Anda. Besok, kami akan menunjukan bagaimana akhir tahun ini Anda akan bisa mengakses Timeline yang sama tersebut pada iPhone Anda menggunakan Microsoft Edge.

Aplikasi Microsoft Launcher yang diperbarui di Android akan mendukung pelanggan Enterprise dengan akses mudah ke lini aplikasi bisnis melalui Microsoft Intune.

Image showing a laptop and two mobile devices showcasing Microsoft Launcher on Android and to Microsoft Edge on iPhone and iPad

Timeline akan hadir ke Microsoft Launcher di Android dan ke Microsoft Edge di iPhone dan iPad.

  • Pembaharuan untuk Sets, sebuah cara yang lebih mudah unutuk mengatur segala hal milik Anda dan kembali pada apa yang sedang Anda kerjakan. Dengan Sets, apa yang telah Anda letakkan bersamaakan tetap bersama, memudahkan dan mempercepat kinerja dan menjadi produktif. Sebagi developer, aplikasi Universal Windows Platform (UWP) Anda akan bekerja bersama Sets sedari awalnya, membantu Anda tetap terhubung dengan pelanggan Anda. Dan dengan beberapa perubahan sederhana, aplikasi Win 32 dan Web Anda juga didukung di dalam Set.

Pembaruan untuk Sets, cara yang lebih mudah untuk mengatur bahan-bahan Anda dan kembali ke apa yang Anda lakukan.

  • Microsoft 365 mendukung Adaptive Cards untuk membantu pengembang menciptakan konten interaktif yang kaya di dalam percakapan. Hasilnya, pengguna akhir dapat menyetujui laporan biaya atau mengomentari sebuah isu di GitHub secara langsung melalui email Outlook atau percakapan Teams. Dari keberhasilan Adaptive Cards, kami juga menghadirkan metode pembayaran ke Outlook. Dengan Microsoft Pay, Anda dapat membayar tagihan dengan cepat dan aman dari inbox Beberapa mitra Microsoft akan mengumumkan dukungan kepada Microsoft Pay di Build.

Dukungan Microsoft 365 dari Adaptive Cards membantu pengembang membuat konten interaktif yang kaya dalam percakapan.

Peluang Baru bagi Pengembang dengan Microsoft 365

Inti dari platform Microsoft 365 adalah Microsoft Graph, yang membantu pengembang menghubungkan titik-titik antara orang, percakapan, jadwal, dan konten di dalam awan Microsoft. Kami mengajak Anda untuk merasakan kekuatan Microsoft Graph untuk mendapatkan konteks dan wawasan yang tidak terpikirkan sebelumnya untuk membangun aplikasi yang lebih pintar. Besok, kami akan membicarakan tentang peluang-peluang baru dengan Microsoft Graph dan peralatan baru dengan Microsoft 365 yang memberikan Anda keluwesan untuk merancang dan menciptakan di dalam bahasa dan kerangka berpikir pilihan Anda, memberdayakan Anda untuk menciptakan cara-cara yang lebih pintar bagi orang untuk bekerja. Pengumuman ini termasuk:

Image showing how the Microsoft Graph helps developers connect the dots between people, conversations, schedules, and content within the Microsoft Cloud.

  • Microsoft Teams APIs yang terbaru dan telah di-updat­e dalam Microsoft Graph dan dukungan bagi aplikasi spesifik untuk organisasi dalam Teams, memungkinkan pengembang untuk menghadrikan pengalaman baru menggunakan fitur-fitur yang pintar berdasarkan pada kebutuhan-kebutuhan khusus dalam bisnis dan industri. Perusahan dapat juga menerbitkan aplikasi di Teams app store.
  • Integrasi SharePoint mendalam pada Microsoft Teams memungkinkan orang untuk menandai halaman SharePoint secara langsung dengan saluran Teams untuk mendapatkan kolaborasi yang lebih mendalam. Pengembang dapat menggunakan kerangka script-based modern seperti React pada proyek-proyek yang ada untuk menambahkan lebih banyak bagian-bagian secara teratur pada halaman SharePoint.
  • Updates membantu Anda mendukung Fluent Design System sehingga Anda dapat menciptakan fitur yang mendalam, yang terhubung, dan menarik dengan bahasa desain Microsoft yang sudah diperbaharui. Kini setiap organisasi dapat membuat solusi yang baik yang memberdayakan pelanggan untuk melakukan lebih banyak hal. Dengan UWP XAML Islands, Anda dapat mengakses pengaturan XMAL yang lebih pintar, fleksibel, dan kuat, apapun jenis UI stack yang Anda gunakan, apakah itu Windows Forms, WPF, ataupun Win32.

  • .NET Core 3.0, yang memudahkan pengembang untuk menggunakan versi terbaru .NET dan membuat aplikasi Anda berfungsi dalam lingkungan .NET mandiri sehingga Anda dapat membangun pengalaman aplikasi yang luar biasa yang tidak memengaruhi infrastruktur organisasi yang lebih luas. Hal ini memungkinkan pengembang desktop untuk memanfaatkan pemasangan aplikasi secara side-by-side. Artinya, update seluruh system .NET tidak akan memengaruhi aplikasi yang sedang berjalan.
  • MSIX, sebuah solusi penyimpanan yang lengkap menghadirkan sebuah cara sederhana untuk merubah aplikasi dalam jumlah besar. Menggunakan semua fitur hebat dari UWP termasuk pemasangan dan perbaharuan aplikasi yang dapat diandalkan dan kuat, serta model keamanan yang terkelola dengan baik dan dukungan untuk manajemen perusahaan dan Microsoft Store.
  • Azure ML and JavaScript custom functions terbaru yang memungkinkan pengembang dan organisasi menciptakan fitur tambahan yang kuat buatan Anda sendiri kepada katalog rumus Excel.
  • Windows Machine Learning, sebuah platform yang memungkinkan pengembang untuk mengembangkan model Machine Learning dengan mudah dalam Intelligent Cloud – dan kemudian menyebarkannya secara online dan dalam performa tinggi ke platform komputer personal.

Jika Anda adalah seorang pengembang yang mengurus aplikasi desktop Windows, Anda kini dapat menggunakan semua peralatan modern ini dengan investasi Anda saat ini pada aplikasi Win32, WPF, dan Windows Forms. Saya besok juga akan berbagi tentang keuntungan aplikasi pelanggan Anda, tidak termasuk permainan. Untuk informasi lebih lanjut tentang updates untuk Microsoft Store, silakan lihat blog post ini. Untuk informasi lebih lanjut tentang peluang pengembang yang sudah saya sampaikan di sini, silakan lihat blog postmilik Kevin Gallo ini.

Beberapa dari hal yang sedang kita bicarakan dalam Build minggu ini bisa didapatkan oleh pengembang untuk digunakan dan dicoba sekarang sambil menanti fitur-fitur pengalaman lainnya yang akan hadir tahun depan.

Semua hal yang kita bicarakan tentang memberikan Anda kekuatan untuk membangun aplikasi sesuai dengan keinginan Anda, dengan fleksibilitas untuk membuat pilihan yang tepat bagi pengguna akhir Anda. Ini merupakan sebuah kesempatan yang baik: Microsoft 365 memungkinkan Anda untuk meraih lebih banyak dengan kemampuan dan peralatan yang Anda miliki saat ini. Dan hal tersebut memberdayakan Anda untuk membantu pengguna aplikasi Anda meraih lebih banyak.

Terima kasih telah membangun bersama kami. Saya tidak sabar untuk melihat apa yang Anda akan ciptakan di tahun 2019!

Sumber : Microsoft News